Ketua PD FSP KB SPSI Riau Kembangkan Sayap, Serahkan SK Pokja Akasia Karya Sejahtera 

  • Senin, 31 Juli 2023 - 20:52 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Organisasi Federasi Serikat Pekerja Kerah Biru - Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP KB-SPSI) Riau, terus berkembang di Bumi Lancang Kuning, dengan terbentuknya Pokja Akasia Karya Sejahtera, Ahad (30/7) kemarin.

Penyerahan Surat Keputusan (SK) diserahkan langsung Ketua FSP KB SPSI Riau Iwan Siregar kepada Ketua Pokja Akasia Karya Sejahtera, di kantor sekretariat Jalan Tuangku Tambusai No 6.7, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru.


Iwan mengatakan, pengembangan struktural organisasi Federasi Serikat Pekerja (FSP) Kerah Biru SPSI (Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) Provinsi Riau secara terus menerus dilakukan lewat pembentukan Kelompok Pekerja Anggota (Pokja) diseluruh wilayah kabupaten kota.


Pembentukan Pokja (Kelompok Kerja Anggota), lanjut Iwan, merupakan pengembangan sayap struktural kepengurusan guna membesarkan dan mengembangkan sayap Federasi Serikat Kerah Biru.

Hal yang dilakukan antara lain terus mengembangkan struktural kepengurusan disetiap wilayah kabupaten/kota maupun kecamatan. 

"Salah satu diantaranya adalah Pokja Akasia Sejahtera Kabupaten Kuansing, yang baru saja dibentuk dan diberi SK pada hari Minggu, 30 Juli 2023," terang Iwan. 


Iwan Siregar mengatakan, pembentukan pengurus kelompok kerja anggota (Pokja) maupun pengurus cabang dianggap sangat penting dan wajib dilakukan guna mengembangkan sayap Federasi Kerah Biru menjadi besar di bumi lancang kuning ini.

Pokja Akasia Karya Sejahtera SP KB-SPSI ini berkantor di Cerenti Desa Kopah, Kecamatan Kuantan Tengah, Kuansing.

Pokja Akasia Karya Sejahtera ini dikomandoi Yaridin Hulu, dia dibantu Ambo Acok selaku sekretaris dan Amir Husein sebagai Bendahara. 

Iwan Siregar Ketua FSP KB SPSI Riau, pada penyerahan SK ini memberikan penjelasan tentang penting nya berorganisasi dan serta menjelaskan Visi dan Misi FSP Kerah Biru SPSI. 

"Visi dan Misi FSP Kerah Biru SPSI ini bertujuan memperjuangkan tentang peningkatan mutu dan kualitas serta membantu memperjuangkan hak-hak para pekerja baik itu formal atau non formal kita merangkul semua sektor," terang Iwan Siregar.

Pokja Akasia Karya Sejahtera ini jelas Iwan bergerak di bidang Pekebunan Akasia.

"Sebelum penyerahan SK pengurus Pokja Akasia Karya Sejahtera SP KB-SPSI sangat antusias mendengar visi dan misi organisasi kerah biru ini. Sehingga mereka mantap bergabung," kata Iwan Siregar.

Lebih jauh dipaparkan Iwan, bahwa Visi Kerah Biru mengupayakan Jaminan Sosial bagi Pekerja Informal/formal yang selama ini belum merasakan manfaatnya. Kedua peningkatan kemampuan pekerja agar mampu bersaing. 

Sedang misi Kerah Biru adalah menggencarkan training dan pelatihan pekerja. Lalu, mengadakan seminar dan lokakarya bagi pekerja. Kemudian pembentukan atau peningkatan UMKM  dan sertifikasi buat pekerja.

Lanjut Iwan, bagi yang bertanya apa itu Pokja Kerah Biru adalah Kelompok Pekerja Anggota yang pihak lain memakai istilah Pimpinan Unit Kerja (PUK). 

"Jadi Pokja memang sesuatu yang baru, mengapa memakai istilah Pokja karena Kerah Biru hadir dengan metode yang baru dan berbeda dengan organisasi yang ramai sudah ada," terang Iwan. 

Lanjut Iwan Mengapa Perlu Kerah Biru?. Karena keberadaan Kerah Biru adalah perlu untuk membantu teman-teman bila secara mandiri atau perorangan gagal mencapai akses mencari hal-hal yang berhubungan dengan hubungan kerja. 

"Kerah Biru dengan metode baru untuk mencari kesejahteraan Pekerja dan Keluarganya sesuai dengan Visi Misi. Berorganisasi lebih baik untuk mendapatkan kesejahteraan apabila sulit dengan perorangan/mandiri. Itulah yang membuat mereka bergabung," terang Iwan.***



Baca Juga